Aplikasi Social Media

Segera Diblokir? 41 Persen Warga AS Setuju TikTok Diblokir

Segera Diblokir? 41 Persen Warga AS Setuju TikTok Diblokir
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – TikTok adalah aplikasi video sosial yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat. Namun, baru-baru ini, ada kekhawatiran tentang keamanan data pengguna TikTok yang disimpan oleh perusahaan induknya, ByteDance.

Sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa sebagian besar orang Amerika menganggap TikTok sebagai ancaman keamanan nasional, dan sebagian besar dari mereka setuju untuk memblokir aplikasi tersebut.

Apa itu TikTok?

TikTok adalah aplikasi video sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat, berbagi, dan menonton video pendek. Aplikasi ini sangat populer di seluruh dunia, terutama di kalangan anak muda.

Keamanan data pengguna TikTok

Ada kekhawatiran tentang keamanan data pengguna TikTok yang disimpan oleh perusahaan induknya, ByteDance. Ada kekhawatiran bahwa data pengguna TikTok dapat digunakan oleh pemerintah China untuk memantau aktivitas pengguna di seluruh dunia.

Hasil survei terbaru tentang TikTok

Survei baru-baru ini yang dilakukan oleh Institut Penelitian Pew menunjukkan bahwa sebagian besar orang Amerika menganggap TikTok sebagai ancaman keamanan nasional. Lebih dari 40 persen dari mereka setuju untuk memblokir aplikasi tersebut.

Seberapa banyak orang Amerika yang menggunakan TikTok?

Menurut survei tersebut, sekitar 21 persen orang dewasa Amerika menggunakan TikTok. Mayoritas pengguna TikTok adalah orang muda berusia antara 18-29 tahun.

Opini orang Amerika tentang TikTok

Mayoritas orang Amerika menganggap TikTok sebagai ancaman keamanan nasional. Survei Pew menunjukkan bahwa 62 persen orang Amerika menganggap TikTok sebagai ancaman keamanan nasional, sementara 28 persen tidak setuju. Di sisi lain, survei lain menunjukkan bahwa orang Amerika tidak keberatan dengan TikTok sebagai platform hiburan.

Bagaimana TikTok dapat membahayakan keamanan nasional AS?

Ada kekhawatiran bahwa data pengguna TikTok dapat digunakan oleh pemerintah China untuk memantau aktivitas pengguna di seluruh dunia. TikTok mengumpulkan berbagai macam data tentang pengguna, termasuk lokasi geografis, data pribadi, preferensi pengguna, dan riwayat penelusuran. Ada kekhawatiran bahwa data ini dapat disalahgunakan oleh pemerintah China atau orang-orang yang berafiliasi dengan pemerintah tersebut.

BACA JUGA  Karakter Mirip Genshin Impact! Game MOBA Eternal Return Meluncur

Selain itu, ada juga kekhawatiran bahwa TikTok dapat digunakan untuk menyebarkan propaganda dan mempengaruhi opini publik di Amerika Serikat. Ada laporan bahwa TikTok telah digunakan untuk mempengaruhi pemilihan presiden AS tahun 2020 melalui kampanye politik yang dibuat oleh para pengguna di luar negeri.

Apakah TikTok benar-benar membahayakan keamanan nasional AS?

Tidak ada bukti konkret yang menunjukkan bahwa TikTok benar-benar membahayakan keamanan nasional AS. Namun, ada kekhawatiran bahwa TikTok dapat dimanfaatkan oleh pemerintah China untuk memantau aktivitas pengguna di seluruh dunia.

Apa yang dilakukan pemerintah AS tentang kekhawatiran keamanan TikTok?

Pemerintah AS telah melakukan beberapa tindakan untuk mengurangi kekhawatiran tentang keamanan TikTok. Pada bulan Agustus 2020, Presiden Donald Trump mengeluarkan perintah eksekutif yang melarang bisnis AS melakukan transaksi dengan ByteDance, perusahaan induk TikTok. Namun, perintah tersebut dibatalkan oleh pengadilan AS karena dianggap melanggar hak-hak konstitusional perusahaan.

Pada bulan Desember 2020, Departemen Pertahanan AS memasukkan TikTok ke dalam daftar aplikasi yang dilarang digunakan oleh personel militer AS. Pada bulan Maret 2021, pemerintah AS menangguhkan sementara tuntutan hukum terhadap TikTok dan memberikan waktu tambahan bagi pihak ByteDance untuk menjual saham mayoritas TikTok kepada perusahaan AS.

Apakah TikTok diblokir di negara lain?

Beberapa negara telah memblokir TikTok, termasuk India dan Pakistan. Kedua negara tersebut memblokir TikTok karena alasan keamanan nasional.

BACA JUGA  Cara Tambahkan Link Produk Keranjang Kuning di Video TikTok

Apa konsekuensi jika TikTok diblokir di Amerika Serikat?

Jika TikTok diblokir di Amerika Serikat, ini dapat memengaruhi bisnis ByteDance dan menyebabkan dampak ekonomi yang signifikan di seluruh dunia. Selain itu, ini juga dapat mempengaruhi karir para kreator konten TikTok yang menghasilkan pendapatan dari platform tersebut.

Apa opsi lain yang tersedia selain memblokir TikTok?

Ada beberapa opsi lain yang dapat diambil untuk mengurangi kekhawatiran tentang keamanan TikTok. Salah satunya adalah dengan memperkuat regulasi dan pengawasan terhadap praktik pengumpulan data oleh TikTok dan perusahaan teknologi lainnya.

Selain itu, orang-orangdapat juga memperhatikan privasi dan keamanan data mereka sendiri dengan membatasi informasi pribadi yang mereka bagikan di platform tersebut.

Selain itu, beberapa negara telah menunjukkan bahwa mereka dapat mengambil pendekatan yang berbeda dalam mengatasi kekhawatiran tentang keamanan TikTok. Sebagai contoh, Australia telah memutuskan untuk tidak memblokir TikTok, namun mereka telah menetapkan beberapa aturan dan persyaratan ketat bagi TikTok dan perusahaan teknologi lainnya yang ingin beroperasi di negara mereka.

Kesimpulan

TikTok menjadi topik perdebatan yang hangat di Amerika Serikat karena kekhawatiran tentang keamanan nasional dan privasi pengguna. Meskipun belum ada bukti konkret yang menunjukkan bahwa TikTok benar-benar membahayakan keamanan nasional AS, kekhawatiran tersebut tetap ada.

Pemerintah AS telah mengambil beberapa tindakan untuk mengurangi kekhawatiran tersebut, seperti larangan transaksi dengan ByteDance dan memasukkan TikTok ke dalam daftar aplikasi yang dilarang digunakan oleh personel militer AS.

Namun, ada opsi lain yang dapat diambil selain memblokir TikTok, seperti memperkuat regulasi dan pengawasan terhadap praktik pengumpulan data oleh TikTok dan perusahaan teknologi lainnya.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment