Tips & Trik

3 Cara Mencegah Akun WhatsApp Disadap

3 Cara Mencegah Akun WhatsApp Disadap
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Maraknya penipuan siber saat ini menjadi perhatian khusus bagi semua orang, terutama para pengguna internet. Tak jarang akses cybercrime yang banyak terjadi berawal dari aplikasi layanan pesan instan yang sering kita digunakan. Salah satunya adalah WhatsApp.

Para oknum memanfaatkan WhatsApp untuk melakukan tindakan yang merugikan dan membahayakan keamanan data pengguna. Mulai dari meretas data pribadi, menyadap, hingga mengirimkan virus malware berbahaya. 

WhatsApp sendiri sudah dibekali dengan fitur keamanan yang baik. Namun terkadang pengguna justru melupakan keamanan tersebut. Salah satunya adalah kurang menjaga kerahasiaan kode registrasi WhatsApp yang menyebabkan para oknum kejahatan dengan mudah dapat mengakses WhatsApp pribadi.

Selain hak privasi pengguna yang diambil alih, para oknum tersebut juga bisa mencuri data pribadi, rekening, penipuan mengatasnamakan pengguna, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari akun WhatsApp yang disadap, WhatsApp telah dilengkapi dengan beragam fitur keamanan. Salah cara adalah dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah.

Berikut tiga cara mencegah akun WhatsApp disadap dihimpun dari faq.whatsapp.com.

Jangan membagikan kode enam digit registrasi Anda

Ketika mendaftar akun baru WhatsApp atau saat melakukan login umumnya pengguna akan menerima kode enam digit via SMS sebagai verifikasi. Kode verifikasi inilah yang digunakan untuk memastikan bahwa nomor telepon yang didaftarkan atau digunakan adalah pemilik sah akun WhatsApp.

Karena itu kode OTP wajib dijaga dengan baik untuk menghindari kejahatan siber. Dan jangan pernah menyebarkannya kode OTP ke orang lain. Kode registrasi yang telah tersebar berpontesi dapat mengundang oknum meretas atau menyadap akun WhatsApp Anda.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Notifikasi Aplikasi Menganggu di Android

Aktifkan verifikasi dua langkah

Untuk menghindari peretasan akun, langkah berikutnya adalah mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah. Cara ini berguna agar akun pengguna mendapatkan perlindungan ekstra. Berikut cara mengaktifkannya. 

  • Klik “Setelan/Pengaturan”
  • Pilih “Akun”
  • Klik “Verifikasi dua langkah”
  • Kemudian buat PIN

Selalu menjaga data privasi Anda

Selain dua langkah tersebut terdapat tambahan lain dalam menjaga data privasi Anda. Beberapa hal yang bisa dilakukan meliputi: 

  • Mengizinkan hanya kontak Anda yang dapat melihat foto profil. Hal ini tentu bermanfaat untuk menjaga privasi jika terdapat kontak asing yang menghubungi Anda. Caranya pilih “Setelan/settings” > “Account” > “Privacy” > “Profile Photo” > dan pilih “My Contacts”
  • Selalu memastikan kembali kontak asing yang mengubungi Anda. Pengguna dapat mengeceknya via pelacak nomor menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Get Contact.
  • Selalu waspada dengan isi pesan kontak asing yang meminta sejumlah dana, mengirim link aplikasi, dan lain sebagainya

Cara memulihkan akun yang disadap

Apabila akun Anda terlanjur disadap maka Anda dapat melakukan cara berikut ini untuk memulihkan akun WA.

  • Log in ke Whatsapp dengan nomor telepon Anda
  • Verifikasi nomor telepon dengan memasukkan kode enam digit yang diterima lewat SMS
  • Setelah memasukkan kode SMS enam digit maka orang yang menggunakan akun Anda akan dikeluarkan secara otomatis
  • Selanjutnya pengguna akan diminta memasukkan kode verifikasi
BACA JUGA  Bisa 8 Orang! Cara Video Call di Whatsapp Desktop Windows

Sebagai informasi apabila Anda merasa mencurigai bahwa akun WA telah disadap melalui WhatsApp Web/Desktop maka sebaiknya segera keluarkan akun-akun tersebut dari ponsel Anda. Caranya:

  • Pilih menu titik tiga yang terletak di pojok kanan atas
  • Klik “Perangkat tertaut”
  • Pilih perangkat web/desktop yang bertaut dan klik “Keluar”

Tak hanya itu WhatsApp juga memberikan pengguna layanan khusus dalam keamanan siber untuk melindungi akun Anda. Salah satunya WhatsApp akan memberikan notifikasi saat pengguna lain mencoba mendaftarkan akun WhatsApp dengan nomor telepon Anda.

Maka dari itu selalu tetap waspada dalam penggunaan aplikasi siber. Demikian cara mencegah akun WhatsApp disadap. Semoga membantu.


About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment