Berita Social Media

Selamat Tinggal NFT! Instagram dan Facebook Stop Fitur NFT

Selamat Tinggal NFT! Instagram dan Facebook Stop Fitur NFT
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Pengguna Instagram dan Facebook harus bersiap-siap mengucapkan selamat tinggal pada fitur Non Fungible Token (NFT) dalam beberapa minggu ke depan. Pasalnya, Meta commerce dan fintech telah memutuskan untuk menghentikan pengembangan fitur NFT di kedua platform media sosialnya.

Dalam sebuah utas di Twitter, pimpinan Meta, Stephane Kasriel mengumumkan bahwa mereka akan berfokus pada cara lain untuk mendukung kreator, orang, dan bisnis. Hal ini berarti pengguna tidak dapat lagi menjual dan membagikan koleksi NFT miliknya di Instagram dan Facebook.

Fitur NFT awalnya diuji coba pada Mei 2022 dan kemudian dirilis pada Oktober 2022 di AS dan 100 negara lainnya. Namun, setelah hanya berumur lima bulan, Meta memutuskan untuk menghentikan fitur ini di kedua platform media sosialnya.

Meta Fokus pada Monetisasi Reels dan Produk Lainnya

Meski menghentikan fitur NFT, Meta tidak akan menyerah pada misinya untuk membantu pembuat konten terhubung dengan penggemar mereka. Mereka akan fokus pada produk lain seperti perpesanan dan monetisasi Reels.

Meta juga akan terus bekerja dengan pembuat konten NFT dan Web3 yang memanfaatkan rangkaian tools perusahaan untuk membantu mengembangkan komunitas mereka.

Fitur NFT Masih Bisa Diakses di Instagram

Saat ini, fitur NFT masih bisa diakses di Instagram. Koleksi NFT pengguna masih terlihat dipajang di profil pengguna dan akan menampilkan efek berkilau.

BACA JUGA  4 Cara Mengetahui Siapa yang Memblokir Instagram Kita

Koleksi Non Fungible Token juga akan ditandai dengan simbol centang dalam bidang segienam, disertai dengan keterangan “Digital Collectible”. Ketika simbol tersebut diklik, pengguna bisa melihat informasi tentang koleksi NFT tersebut, seperti informasi pembuat NFT, pemilik NFT, deskripsi NFT, jenis blockchain yang digunakan pada NFT, hingga marketplace tempat penjualan NFT tersebut.

Sebelum bisa memajang dan menjual koleksi NFT, pengguna perlu menghubungkan dompet digital secara langsung dengan Instagram. Di Instagram, fitur NFT bisa ditemukan dengan membuka ikon garis tiga horizontal di profil > “Digital Collectibles” > “Get started”.

Pada Oktober lalu, dompet digital yang kompatibel untuk digunakan pengguna Instagram adalah Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet.

Kesimpulan

Meta memutuskan untuk menghentikan fitur NFT di Instagram dan Facebook dengan tujuan berfokus pada cara lain untuk mendukung kreator, orang, dan bisnis.

Namun, pengguna masih bisa mengakses fitur NFT di Instagram dan melihat koleksi NFT milik mereka, meskipun tidak bisa lagi menjual dan membagikan koleksi tersebut di platform media sosial tersebut.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment