Internet Tips & Trik

Cara Mengatasi Google Maps Error di Android

Cara Mengatasi Google Maps Error di Ponsel Android
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Pasti kita pernah mengalami ketika membuka Google Maps mengalami error. Seperti tidak menunjukkan jalan, aplikasi tidak terbuka, bahkan ketika kita klik fitur “mulai” maps nya tidak berjalan. Ada beberapa penyebab Google Maps error.

Contohnya seperti Google Maps yang belum diupdate, akses internet, hingga file cache yang menumpuk menyebabkan aplikasi error.

Namun tenang saja, berikut beberapa cara mengatasi Google Maps yang error

Cek koneksi internet Anda

Cara pertama adalah mengecek koneksi internet. Kemungkinan Google Maps tidak berjalan karena koneksi internet yang tidak stabil. Untuk mengatasinya cobalah mematikan koneksi internet kemudian nyalakan kembali. Bisa juga menggunakan mode pesawat kemudian matikan lagi mode pesawatnya. Cara berikutnya bisa menggunakan Speedtest by Okla untuk mengecek kecepataan internet anda.

Izin lokasi Google Maps

Berikutnya cobalah untuk  mengecek akses izin lokasi. Bisa jadi izin lokasi masih belum diaktifkan. Cek pengaturan Google Maps di ponsel Anda, caranya

pilih menu “Settings” > “Aplikasi”> “Kelola Aplikasi” > pilih Google Maps > klik “Perizinan Aplikasi” > pilih “Lokasi” > klik “Izinkan sepanjang waktu”.

Hapus cache dan data Google Maps

Penyebab Google Maps error bisa juga dikarenakan cache dan data yang menumpuk. Cache yang dapat membuat aplikasi tiba-tiba mengalami crash dan tidak dapat berjalan dengan normal. Cobalah menghapus cache di smartphone anda dengan cara berikut ini.

BACA JUGA  Mengembangkan Kuliner Lokal lewat Inovasi Teknologi.

“Settings” > “Aplikasi”> “Kelola Aplikasi” > pilih Google Maps > klik “Penyimpanan” > pilih “Cache” > pilih “Hapus data”.

Gunakan Google Maps Go

Berikutnya, anda juga bisa menggunakan versi lain Google Maps yaitu Google Maps Go. Aplikasi bisa diunduh di Play Store (Android) atau App Store (iOS). 

Matikan opsi “Hanya WiFi” di aplikasi Google Maps

Google Maps error bisa juga dikarenakan aktinya opsi “Hanya Wi-Fi” pada aplikasi. Fitur tersebut menyebabkan koneksi Google Maps hanya berjalan ketika terkoneksi dengan Wi-Fi saja. Untuk mengeceknya pergi pengaturan Google Maps. Begini caranya.

  • Buka Google Maps
  • Klik profil di pojok kanan atas
  • Pilih “Setelan”
  • Geser toogle “Only WiFi/Hanya WiFi” ke kiri untuk menonktifkan

Demikian beberapa cara untuk mengatasi Google Maps yang error. Semoga membantu.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment