Tips & Trik

5 Tanda Kamu Perlu Ganti Smartphone

5 Tanda Kamu Perlu Ganti Smartphone
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Sekarang persaingan pasar smartphone makin ketat. Banyak brand yang berlomba-lomba menawarkan ponsel terbaru mereka dengan spesifikasi mumpuni dan tentunya harga yang dapat dijangkau banyak kalangan. Dengan banyaknya seri dan model ponsel kini orang seringkali berganti. Namun, sebagian orang masih setia dengan smartphone mereka, hingga sudah tidak bisa lagi dipakai.

Bagi orang yang jarang berganti ponsel, mungkin kamu bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat untuk berganti smartphone? Apakah menunggu sampai smartphone benar-benar mati total?

Menunggu smartphone tidak bisa digunakan lagi sebelum membeli yang baru sepertinya bukan keputusan bijaksana. Apabila posel dalam keadaan mati total tentunya kita akan kesulitan ketika memindahkan data ke smartphone baru.

Masalah lainnya, kita tidak bisa mengirim pesan singkat dengan teman, keluarga, ataupun rekan kerja. Tentuntya ini bisa mengganggu pekerjaan. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk berganti smartphone?

Berikut adalah tanda-tanda kamu perlu ganti smartphone:

1. Baterai Sangat Rusak dan Boros

Ketika ponsel digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka daya tahan baterai akan semakin menutun. Hal tersebut membuat baterai mengalami penurunan kualitas.

Untuk itu, kalau baterai smartphone sudah mulai boros, membeli smartphone dengan kapasitas baterai besar mungkin jadi solusi yang baik.

Menggunakan powerbank memang mengatasi solusi masalah baterai smartphone boros. Tetapi penggunaan powerbank justru akan membuat kualitas baterai semakin menurun.

BACA JUGA  Tanpa Watermark! Download Video TikTok di Android dan iPhone

2. Memori Sangat Penuh

Memori yang penuh jadi masalah umum yang memengaruhi semua jenis smartphone.

Memang ada beberapa tips dan tutorial untuk membantu pengguna mengosongkan ruang memori selain menghapus aplikasi dan menghapus cache.

Di ponsel Android, ada slotcard untuk menambahkan memori eksternal, namun tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke memori card tersebut. Aplikasi yang terpasang di ponsel memakan lebih banyak memori.

Lantas bagaimana dengan user iPhone yang tidak memiliki slot memori eksternal? mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk membeli smartphone baru dengan ruang penyimpanan yang lebih besar.

3. Smartphone Mulai Nge-crash dan Lag

Apabila smartphone sudah terlalu lama dipakai, mungkin penggunaan dan berpindah-pindah antara satu aplikasi ke aplikasi lain membuat smartphone nge-lag atau mengalami crash.

Misalnya saat membuka banyak aplikasi seperti membuka WhatsApp, lalu Instagram, dan tiba-tiba smartphone tidak merespon perintah, itu bisa jadi tanda untuk ganti smartphone.

Hal ini pun bisa sangat mengganggu kenyamanan dalam menggunakan smartphone. Apalagi ketika dalam keadaan kondisi sibuk, tentunya hal ini pasti sangat menjengkelkan.

4. OS dan Aplikasi Tak Lagi Dapat Update

Keamanan pada perangkatnya sangatlah penting, kita pasti tidak mau data kita dilihat orang. Untuk tetap mendapatkan perlindungan sistem adalah dengan melakukan update sistem operasi atau aplikasi.

Saat ini vendor smartphone memberikan update software (OS) antara 2-3 tahun untuk ponsel kelas menengah yang baru dirilis. Untuk ponsel flagship, vendor mendapatkan update hingga 4 tahun setelah rilis.

BACA JUGA  7 Cara Mengatasi Kamera Zoom Error di Windows

Masalahnya, ketika sebuah smartphone tidak lagi mendapatkan update OS, sejumlah aplikasi mungkin tidak lagi kompatibel dengan smartphone tersebut. Misalnya, whatsApp yang tidak bisa digunakan lagi di smartphone dengan OS lawas. Jika kondisi ini terjadi, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk berganti smartphone dengan OS terbaru.

5. Kamera Mulai Usang

Meskipun beberapa orang tidak terlalu mementingkan kualitas kamera pada smartphone, tetapi kamera kini jadi fitur penting di smartphone.

Kamera pada smartphone seiring berjalannya waktu kualitas fotonya akan menurut dan tidak sebagus saat awal beli.

Jika kualitas kamera mulai menurun, mungkin ini saatnya berganti smartphone.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment