Aplikasi Inovasi

Alodokter “Alni” Asisten Virtual dengan Al untuk Dokter

Alodokter "Alni" Asisten Virtual dengan Al untuk Dokter
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Alodokter, platform kesehatan digital terkemuka di Indonesia, kembali menghadirkan inovasi terbaru. Kali ini, Alodokter memperkenalkan Alni, asisten virtual dengan dukungan AI untuk interaksi percakapan para dokter.

Pengembangan Alni dimulai sejak 2018 dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh Alodokter secara kolektif melalui jutaan telekonsultasi pasien dan saran konstruktif dari ribuan dokter di platform Alodokter.

Dibangun menggunakan teknologi AI percakapan, Alni dapat melakukan pre-screen melalui rangkaian pertanyaan dan menghasilkan pre-diagnosis yang kemudian menjadi rekomendasi bagi dokter telemedisin Alodokter.

Nathanael Faibis, CEO Alodokter, mengungkapkan bahwa Alodokter selalu percaya bahwa teknologi AI dan dokter dapat bekerja sama dengan sangat baik. AI memiliki memori yang tidak terbatas dan kapasitas yang baik untuk menanyakan pertanyaan kunci kepada pasien dan dokter.

Dalam hal ini, teknologi AI memberikan dampak positif kepada kemampuan telemedisin yang semakin berkembang di Indonesia.

Menurut data yang dikumpulkan, lebih dari 80% dokter umum dari Alodokter saat telekonsultasi dengan pasien sudah dibantu dengan teknologi AI. Data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan teknologi AI dalam konsultasi medis dapat meningkatkan efisiensi hingga 100% dan signifikan meningkatkan kepuasan pasien.

Louise Hewitt, Chief Medical Officer Alodokter, menambahkan bahwa Alni menyediakan bantuan yang mulus dan memberikan rekomendasi instan untuk para dokter berdasarkan semua informasi yang tersedia mengenai kondisi pasien. Setelah dokter memiliki semua informasi, selanjutnya peran dokter untuk membuat keputusan akhir.

BACA JUGA  Aplikasi NU Online Super App Kini Punya Lebih Banyak Fitur

Penerimaan dokter terhadap teknologi terbaru ini sangat baik, 96% dari mereka mengatakan bahwa asisten virtual AI sangat bermanfaat dalam membantu dokter selama periode konsultasi berlangsung. Para dokter yang tergabung dalam telemedisin Alodokter juga sangat aktif berkontribusi.

Alni memberikan nilai tambah kepada lima fitur utama Alodokter, yaitu kemudahan dalam telekonsultasi, membuat janji dokter atau mencari rumah sakit pilihan, akses untuk artikel-artikel kesehatan, dan proteksi Aloproteksi.

Dengan lebih dari 30 juta pengguna aktif bulanan dan 85.000 dokter terdaftar, Alodokter terus berinovasi dan memperkenalkan solusi digital terbaik untuk memperbaiki layanan kesehatan di Indonesia.

Selain itu, Alodokter juga terus berinovasi dalam memberikan solusi kesehatan digital yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, Alodokter telah memperkenalkan berbagai layanan kesehatan digital, seperti pengobatan jarak jauh, e-farmasi, pemesanan janji temu, asuransi kesehatan digital, dan konten medis.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment