Seputar Gadget

Fairphone 2! Smartphone Dengan “Upgrade” Pembaruan Terlama

Fairphone 2! Smartphone Dengan "Upgrade" Pembaruan Terlama
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Pembaruan sistem operasi menjadi salah satu aspek yang menjadi pertimbangan kebanyakan orang sebelum membeli smartphone. Selain fitur dan harga, dukungan pembaruan software menjadi salah satu faktor yang penting dalam keputusan pembelian ponsel.

Saat ini, vendor smartphone Android biasanya memberikan dukungan pembaruan keamanan dan upgrade sistem operasi Android untuk batas waktu tertentu saja.

Namun, ada vendor smartphone Android yang memberikan dukungan pembaruan software lebih lama dari vendor lainnya. Salah satunya adalah Fairphone, sebuah vendor smartphone asal Eropa yang berkomitmen memberikan dukungan software yang cukup lama pada smartphone bikinannya.

Dukungan Pembaruan Software Fairphone

Fairphone berkomitmen memberikan dukungan pembaruan software yang lama pada smartphone bikinannya, yaitu upgrade OS Android sebanyak lima generasi dan tujuh tahun dukungan pembaruan keamanan.

Kebijakan tersebut menjadi dukungan software paling lama yang diberikan vendor smartphone untuk ponsel bikinannya.

Sebagai perbandingan, Samsung kini menjanjikan smartphone keluaran terbarunya mendapatkan dukungan upgrade OS Android sebanyak empat generasi dan lima tahun dukungan pembaruan keamanan. Kebijakan itu meningkat dari sebelumnya upgrade tiga generasi Android dan empat tahun pembaruan keamanan.

Oppo juga mengikuti jejak Samsung. Namun, komitmen empat kali upgrade Android dan lima tahun update keamanan itu disebut berlaku terbatas untuk HP flagship Oppo keluaran 2023.

Fairphone 2, Ponsel Android dengan Dukungan Pembaruan Terlama

Fairphone 2 adalah salah satu produk smartphone dari Fairphone yang terkenal dengan dukungan pembaruan software yang lama. Ketika dirilis pada 2015 silam, Fairphone 2 menjalankan sistem operasi Android 5 (Lollipop). Sesuai janji, Fairphone 2 masih mendapatkan upgrade OS hingga Android 10.

BACA JUGA  OnePlus 11R Meluncur Dengan Fast Charging 100W

Fairhone 2 juga masih mendapatkan update keamanan hingga 2022. Setelah 7 tahun, Fairphone mengumumkan bakal menghentikan dukungan resminya untuk Fairphone 2 pada Mei 2023 mendatang atau hampir 8 tahun setelah rilis.

Setelah Fairphone 2, smartphone keluaran 2021, Fairphone 4 melanjutkan tren dukungan perangkat lunak yang lama dari Fairphone.

Selain dukungan pembaruan software, Fairphone juga terkenal dengan kebijakan lingkungannya. Ponsel Fairphone dibuat dengan bahan yang mudah didaur ulang dan dikembangkan dengan prinsip keberlanjutan lingkungan.

Keuntungan Dukungan Pembaruan Software yang Lama

Dukungan pembaruan software yang lama memberikan beberapa keuntungan bagi pengguna smartphone. Salah satu keuntungan utamanya adalah keamanan. Dengan adanya pembaruan keamanan, pengguna bisa merasa lebih aman dan terhindar dari ancaman malware dan virus yang berbahaya.

Selain itu, pembaruan software juga membawa fitur-fitur baru yang bisa meningkatkan performa dan pengalaman pengguna dalam menggunakan smartphone. Dengan pembaruan software yang terus diupdate, pengguna juga bisa menjaga smartphone agar tetap optimal dan tidak mengalami masalah performa.

Selain itu, dengan dukungan pembaruan software yang lama, pengguna juga tidak perlu membeli smartphone baru setiap beberapa tahun sekali untuk mendapatkan sistem operasi yang lebih baru. Hal ini tentu saja bisa menghemat biaya dan juga meminimalisir dampak lingkungan dari produksi smartphone baru.

Kesimpulan

Fairphone merupakan salah satu vendor smartphone yang terkenal dengan dukungan pembaruan software yang lama pada smartphone bikinannya. Dukungan pembaruan software ini bisa menjadi pertimbangan bagi pengguna smartphone yang ingin memiliki perangkat yang aman dan selalu terupdate.

BACA JUGA  Honor X6a Meluncur! HP Menengah dengan Baterai 5.200 mAh

Selain itu, dengan dukungan pembaruan software yang lama, pengguna juga bisa menghemat biaya dan meminimalisir dampak lingkungan dari produksi smartphone baru.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment