Tips & Trik

2 Cara Membuka File HEIC di Laptop Windows

2 Cara Membuka File HEIC di Laptop Windows
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Sebelum kita membahas cara membuka file HEIC, penting untuk mengerti mengapa format ini bisa menjadi tantangan di Windows. File HEIC umumnya memiliki kualitas gambar yang lebih tinggi daripada format JPEG, tetapi format ini tidak secara langsung kompatibel dengan Windows Photo Viewer.

1. Menggunakan Aplikasi Konversi Online

Langkah pertama yang dapat Anda ambil untuk membuka file HEIC di laptop Windows adalah dengan menggunakan aplikasi konversi online. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Browser: Buka browser di laptop Windows Anda dan kunjungi situs web penyedia layanan konversi HEIC.
  2. Unggah File HEIC: Pilih opsi untuk mengunggah file HEIC dari perangkat Anda. Klik tombol unggah dan pilih file yang ingin Anda konversi.
  3. Pilih Format Output: Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memilih format output. Pilihlah format yang kompatibel dengan Windows, seperti JPEG.
  4. Konversi: Setelah Anda memilih format output, klik tombol konversi. Proses ini akan mengubah file HEIC menjadi format yang dapat dibuka dengan mudah di Windows.
  5. Unduh dan Buka: Setelah proses konversi selesai, Anda akan diberikan tautan untuk mengunduh file yang telah dikonversi. Unduhlah file tersebut dan buka dengan aplikasi gambar bawaan Windows.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Langkah kedua adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang didesain khusus untuk membuka file HEIC di Windows. Berikut panduannya:

  1. Cari Aplikasi: Buka browser dan cari aplikasi pihak ketiga yang mendukung pembukaan file HEIC di Windows.
  2. Unduh dan Instal: Unduh aplikasi yang Anda pilih dan ikuti instruksi untuk menginstalnya di laptop Anda.
  3. Buka Aplikasi: Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi tersebut.
  4. Unggah dan Buka: Pilih opsi untuk mengunggah file HEIC, kemudian tunggu prosesnya selesai. Setelah selesai, Anda dapat membuka file HEIC Anda dengan lancar.
BACA JUGA  Waspada! 5 Dampak Gunakan Laptop di Bawah Terik Matahari

Kesimpulan

Membuka file HEIC di laptop Windows bukanlah masalah yang tak teratasi. Dengan menggunakan salah satu dari dua cara di atas, Anda dapat dengan mudah membuka dan melihat gambar dalam format HEIC tanpa masalah.

Pertanyaan Umum (FAQ)

  1. Apa itu format HEIC? Format HEIC adalah format gambar yang dikembangkan oleh Apple yang menawarkan kualitas gambar lebih tinggi daripada JPEG.
  2. Apakah file HEIC hanya digunakan oleh perangkat Apple? Ya, format HEIC umumnya digunakan oleh perangkat Apple seperti iPhone dan iPad.
  3. Apakah saya perlu menginstal aplikasi khusus untuk membuka file HEIC di Windows? Tidak selalu. Anda dapat menggunakan aplikasi konversi online atau aplikasi pihak ketiga untuk membuka file HEIC di Windows.
  4. Apakah setelah dikonversi, file HEIC dapat dibuka di perangkat Apple lagi? Ya, biasanya file yang telah dikonversi masih dapat dibuka di perangkat Apple seperti biasa.
  5. Apakah metode-metode ini aman digunakan? Ya, baik aplikasi konversi online maupun aplikasi pihak ketiga yang terpercaya aman digunakan untuk membuka file HEIC di Windows. Pastikan Anda mendapatkan aplikasi dari sumber yang tepercaya.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment