Aplikasi Inovasi Social Media

9 Fitur Baru! Update Telegram Ada Mode Hemat Baterai

9 Fitur Baru! Update Telegram Ada Mode Hemat Baterai
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Telegram, aplikasi pesan instan yang populer di seluruh dunia, baru-baru ini meluncurkan sembilan fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Pengumuman update fitur baru ini disampaikan oleh Telegram lewat blog resminya pada 8 Maret lalu.

1. Mode Hemat Daya Baru

Salah satu fitur baru Telegram adalah Mode Hemat Daya (Power Saving Mode) yang berguna untuk memperpanjang durasi baterai smartphone, dan meningkatkan performa di perangkat lama. Dengan mode ini, efek dan animasi yang membuat berat aplikasi kini dapat dinonaktifkan.

Mode hemat daya juga dapat diatur agar menyala secara otomatis ketika baterai pengguna turun di bawah persentase tertentu. Pengguna juga dapat menonaktifkan efek-efek tertentu seperti efek autoplay untuk video dan efek animasi untuk stiker.

2. Pilihan Kecepatan Pemutaran yang Bervariasi

Fitur berikutnya adalah kecepatan pemutaran untuk video, suara, dan pesan video yang makin bervariasi. Dengan pembaruan ini, pengguna Telegram dapat memilih kecepatan sesuka hati mulai dari 0,2x hingga 2,5x.

3. Melihat Kapan Pesan Dibaca dalam Grup Kecil

Telegram juga memungkinkan pengguna untuk melihat kapan pesannya dibaca dalam grup kecil yang beranggotakan kurang dari 100 pengguna. Pengguna dapat mengetuk pesan untuk melihat waktu dibaca pesan oleh anggota grup.

4. Mengirim Undangan Grup Secara Otomatis

Pengguna yang menggunakan fitur pembatasan pengundangan bisa diundang dengan menggunakan tautan. Pengiriman undangan berupa tautan ini akan terkirim secara otomatis. Pengguna dapat membuka Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Grup & Channel untuk mengendalikan siapa saja yang dapat menambahkan pengguna ke grup.

BACA JUGA  Cara Mengedit Foto via Aplikasi Google Photos

5. Susunan Dinamis untuk Paket Stiker

Paket stiker dapat diatur ke tempat semula. Pengguna tinggal mengetuk ikon gir (settings) dalam panel stiker dan menyalakan Susunan Paket Dinamis.

6. Terjemahan Deskripsi Bot

Developer bot dapat sepenuhnya melokalkan bot mereka dengan menerjemahkan deskripsi bot dan bagian penjelasan kemampuan bot ke dalam beberapa bahasa.

7. Peningkatan Dukungan Folder untuk Perangkat iOS

Folder memungkinkan pengguna untuk mengatur daftar chat miliknya. Pengguna perangkat iOS dapat menandai semua obrolan dalam suatu folder telah dibaca dengan satu ketukan saja. Telegram memastikan bahwa fitur ini akan hadir juga untuk perangkat Android.

8. Emoji Animasi Baru

Paket emoji animasi baru mencakup sepuluh emoji yang baru. Namun, emoji ini hanya dapat digunakan oleh pelanggan layanan Telegram Premium yang dibanderol seharga Rp 59.000 per bulannya.

9. Reaksi dan Emoji Interaktif Baru

Telegram juga memperkenalkan versi interaktif untuk sejumlah emojinya, misalnya emoji Alien Monster dan emoji Shrug. Emoji ini dapat digunakan sebagaireaksi oleh semua pengguna tanpa harus berlangganan Telegram Premium.

Telegram Menyelesaikan 400 Bug

Selain mengumumkan sembilan fitur yang dipaparkan sebelumnya, Telegram juga mengambil jeda dua minggu dari penerapan fitur baru dan memberantas lebih dari 400 bug yang terdeteksi dalam aplikasi Telegram.

Cara Memperbarui Telegram

Fitur-fitur baru Telegram sudah tersedia bagi pengguna versi Android di Indonesia sejak Selasa, 14 Maret 2023. Apabila belum mendapatkan fitur baru yang dimaksud, pengguna bisa melakukan pembaruan aplikasi lewat Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.

BACA JUGA  Glorious Umumkan Mouse Gaming Ergonomis Model I 2 Wireless

Kesimpulan

Telegram meluncurkan sembilan fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna di platform iOS dan Android.

Fitur-fitur tersebut antara lain mode hemat daya baru, pilihan kecepatan pemutaran yang bervariasi, melihat kapan pesan dibaca dalam grup kecil, mengirim undangan grup secara otomatis, susunan dinamis untuk paket stiker, terjemahan deskripsi bot, peningkatan dukungan folder untuk perangkat iOS, emoji animasi baru, dan reaksi serta emoji interaktif baru.

Telegram juga mengambil jeda dua minggu dari penerapan fitur baru dan memberantas lebih dari 400 bug yang terdeteksi dalam aplikasi Telegram. Pengguna bisa memperbarui aplikasi Telegram lewat Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment