Aplikasi Berita Social Media

Ramai di Twitter! Mengenal Apa itu “Mastodon”

Ramai di Twitter! Mengenal Apa itu "Mastodon"
Admin Tekno
Written by Admin Tekno

Harian Teknologi – Mastodon adalah salah satu platform media sosial alternatif yang mulai terkenal belakangan ini. Meski belum sepopuler Facebook atau Twitter, Mastodon menawarkan pengalaman pengguna yang lebih aman dan lebih terkait dengan komunitas yang sama-sama tertarik pada topik tertentu.

Pengenalan Mastodon

Mastodon adalah platform media sosial federasi yang dibuat oleh seorang programmer Jerman bernama Eugen Rochko pada tahun 2016. Dibandingkan dengan media sosial sentralisasi seperti Facebook atau Twitter, Mastodon dirancang untuk menjadi lebih terdesentralisasi dan terbuka.

Mastodon memungkinkan pengguna untuk bergabung dalam berbagai komunitas yang disebut “instance”. Setiap instance memiliki aturan dan panduan yang berbeda, serta tema atau topik yang berbeda.

Bagaimana Mastodon Bekerja

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Mastodon adalah platform media sosial federasi. Ini berarti setiap instance Mastodon dikelola secara independen dan dapat berkomunikasi dengan instance lain di seluruh jaringan Mastodon.

Sebagai pengguna Mastodon, Anda dapat memilih untuk bergabung dengan instance mana saja yang Anda suka dan membuat akun di instance tersebut. Anda juga dapat mengikuti pengguna dari instance lain.

Mastodon menggunakan protokol ActivityPub yang terdesentralisasi untuk mengirimkan dan menerima posting. Posting yang Anda buat hanya akan terlihat oleh pengguna di instance Anda kecuali Anda memilih untuk menyebarkan posting tersebut ke instance lain.

Selain itu, Mastodon juga menawarkan fitur-fitur seperti sistem notifikasi yang sangat disesuaikan, bookmarking, dan obrolan langsung dengan pengguna lain.

Keuntungan Menggunakan Mastodon

Mastodon menawarkan banyak keuntungan dibandingkan dengan media sosial sentralisasi seperti Facebook atau Twitter. Beberapa di antaranya adalah:

BACA JUGA  Kobe Bryant Jadi Sampul! Game NBA 2K24 Resmi Diumumkan

Lebih Terdesentralisasi dan Terbuka

Mastodon memberikan pengguna kontrol lebih besar atas data pribadi mereka, karena setiap instance dikelola secara independen dan tidak ada satu entitas pusat yang mengumpulkan semua data pengguna.

Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan komunitas-komunitas yang lebih kecil dan lebih terkait dengan topik tertentu.

Lebih Aman dan Bebas dari Spam

Karena setiap instance Mastodon dikelola secara independen, administrator instance dapat menerapkan aturan yang ketat untuk mengurangi risiko spam, penggunaan bot, atau aktivitas berbahaya lainnya.

Selain itu, Mastodon juga menawarkan fitur-fitur seperti sistem notifikasi yang sangat disesuaikan dan kontrol privasi yang lebih besar.

Lebih Ramah Pengguna

Mastodon memungkinkan pengguna untuk membuat dan bergabung dengan komunitas yang lebih kecil dan lebih terkait dengan topik tertentu.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dan berinteraksi dengan mereka dalam lingkungan yang ramah dan terbuka.

Cara Bergabung dengan Mastodon

Untuk bergabung dengan Mastodon, Anda perlu mencari instance yang sesuai dengan minat Anda dan membuat akun di instance tersebut. Anda dapat mencari instance dengan menggunakan situs web seperti instances.social atau menggunakan fitur pencarian di dalam Mastodon itu sendiri.

Setelah menemukan instance yang sesuai, buat akun dengan mengisi formulir pendaftaran. Setiap instance memiliki aturan dan panduan yang berbeda, jadi pastikan untuk membaca dan memahami aturan-aturan tersebut sebelum mendaftar.

BACA JUGA  Cara Membuat Link Zoom Meeting di Laptop

Setelah akun Anda dibuat, Anda dapat mulai mengikuti pengguna lain di instance Anda atau mencari pengguna dari instance lain untuk diikuti. Anda juga dapat mulai membuat posting atau berinteraksi dengan pengguna lain melalui obrolan langsung atau balasan.

Mastodon vs Twitter

Meskipun Mastodon sering dibandingkan dengan Twitter karena keduanya adalah platform media sosial, ada beberapa perbedaan antara keduanya. Salah satu perbedaan terbesar adalah cara kerja federasi Mastodon yang terdesentralisasi, dibandingkan dengan Twitter yang sentralisasi.

Selain itu, Mastodon juga menawarkan kontrol privasi yang lebih besar, fitur bookmarking, obrolan langsung, dan sistem notifikasi yang sangat disesuaikan. Mastodon juga tidak memiliki batasan jumlah karakter pada postingannya, sehingga pengguna dapat menulis posting yang lebih panjang.

Kesimpulan

Mastodon adalah platform media sosial alternatif yang terdesentralisasi dan terbuka. Dibandingkan dengan media sosial sentralisasi seperti Facebook atau Twitter, Mastodon menawarkan keuntungan-keuntungan seperti kontrol privasi yang lebih besar, bebas dari spam, dan lingkungan yang lebih ramah pengguna.

Untuk bergabung dengan Mastodon, Anda perlu mencari instance yang sesuai dengan minat Anda dan membuat akun di instance tersebut. Mastodon juga memiliki perbedaan dengan Twitter, termasuk cara kerja federasi dan fitur-fitur yang ditawarkan.

Jika Anda mencari pengalaman media sosial yang berbeda, Mastodon bisa menjadi pilihan yang menarik. Bergabunglah dengan komunitas yang Anda sukai dan temukan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

About the author

Admin Tekno

Admin Tekno

Berbagi Artikel Seputar Teknologi dan Lainnya

Leave a Comment